Perpustakaan Institut Teknologi dan Sains Bandung

Institut Teknologi Sains Bandung (Akronim: ITSB) adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang dimiliki oleh Sinarmas Group. Kampus ITSB menempati area seluas 5 Ha, di Central Bussines Distric Kota Deltamas, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi. Pada area kampus ini rencananya akan dibangun 10 blok gedung untuk fasilitas akademik dan non akademik ITSB.

Universitas ini di gagas oleh Yayasan Institut Teknologi dan Sains Bandung (Yayasan ITSB) yang telah dibentuk dan disahkan dengan akta notaris Wiratni Ahmadi, S.H.No.7 tanggal 5 Februari 2001 dan telah mendapat persetujuan Menteri Pendidikan Nasional melalui SK Mendiknas No. 86/D/O/2001.

ITSB yang dikembangkan di Kampus Kota Deltamas Bekasi, merupakan perwujudan dari kerjasama antara Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi sesuai dengan Perjanjian kerjasama No. 423.1/09.05-DTR/2007 dan No.031/KO1/DN/2007 yang ditandatangani oleh Rektor Institut Teknologi Bandung dan Bupati Kabupaten Bekasi pada tanggal 3 Juli 2007.

ITSB didukung oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam pelaksanaan dan pengembangan standar akademik, yang pelaksanaannya dituangkan dalam Perjanjian Kerjasama antara Yayasan ITSB dengan Institut Teknologi Bandung No. 002/PKS/I/YITSB/2010 dan No. 058/KO1.03/PKS/DN-1/2010 tanggal 27 Januari 2010.

ITSB juga merupakan Feeder University ITB, yaitu mahasiswa berprestasi di ITSB dapat di transfer menjadi mahasiswa ITB dan lulus sebagai sarjana ITB seperti yang tertuang dalam Nota Kesepakatan Bersama No. 143/KO1.1/DN/2010 dan No. 031/ITSB-DN/KS.01/VI/10 tanggal 23 Juni 2010.

ITSB saat ini berdiri dengan ditopang oleh 8 (delapan) program studi sarjana dan 3 (tiga) program studi diploma, dimana dua diantaranya memiliki program beasiswa khusus dan ikatan kerja bekerjasama dengan PT.Smart Tbk., dan PT.Asia Pulp and Paper. Selain itu ITSB juga didukung oleh adanya penyediaan beasiswa dari Eka Tjipta Foundation, Sinarmas Land, dan beasiswa ITSB sendiri untuk membantu mahasiswa berprestasi namun memiliki kemampuan finansial terbatas dalam menempuh pendidikan di ITSB.

Kampus ITSB dirancang berdasarkan konsep ramah lingkungan sesuai prinsip ekologi ruang terbuka hijau yang memadai, sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi kegiatan kampus. Gedung kampus dirancang sebagai Green Building yang telah memenuhi persyaratan dan rating yang dirumuskan berdasarkan kerjasama antara ITSB dengan Green Building Council Indonesia (GBCI), berada di kawasan terpadu Kota Deltamas, dimana didalamnya terdapat kawasan industri, perumahan, perkantoran, dan komersil, diharapkan ITSB dengan konsep Eco-Industry Oriented University dapat memberikan pula kontribusi terhadap pengembangan wilayah sekitar secara khusus, dan secara luas bagi pembangunan Indonesia.